Tuesday, August 30, 2016

Lacak Pengiriman Pos

So, kali ini aku pengen bahas tentang cara lacak pengiriman pos Indonesia. Well, mungkin kalian bertanya kenapa bahas ini. Bukannya ini hal biasa yah? Kayak lacak JNE aja. Iya sih sebenernya kayak lacak pengiriman kayak biasa, tapi menurutku punya pos ini agak sedikit membingungkan kalo boleh dibilang.

Jadi, semua berawal dari niat kasih kenang-kenangan buat temen di Amerika. Sempet bingung mau ngasih apa akhirnya nemu 2 gelang yang lucu dan nggak pasaran banget desainnya dan 2 benda lainya. Selesai bungkus, dibawalah tuh barang ke pos dan dipaket. Harga kirim ke Amerika lumayan mahal, well, jelas aja sih namanya juga jauh. Kalo mau pake paket paling cepetnya Pos Indonesia harganya sekitar 300rban tergantung dari berat. Kalo mau pake yang agak lambat, harganya sekitar 172rb an. 

Setelah selesai tentu mereka akan kasih nota pengirimannya yang isinya data-data semacam alamat tujuan, nomer resi, nomer barcode, dll. Waktu itu aku pilih yang murah. Kata mbaknya barangnya bakal sampe sekitar 2 minggu sampe 1 bulan. Udah mendekati waktu sampenya barang, aku pengen nge check dong sampe mana... Jadilah aku cari di internet alamat untuk nglacak pengirimannya.

Beginilah penampakannya kira-kira
Karena disitu tertulis nomor resi, alhasil aku isi pake nomer resi yang tertera di notanya. Eh, sekalinya "Data tidak ditemukan." Nah lo, paketku lari kemana? Karena khawatir aku nyoba ngulangin ngisi, kali aja salah masukin nomer atau ada yang kelewatan. Tapi ternyata nggak. Udah dicoba berkali-kali tetep nggak bisa.

Hampir menyerah dan komplain ke kantor pos, waktu ngeliatin notanya kok curiga sama nomor barcodenya. Iseng masukin nomor barcode, eh ternyata muncul datanya!!!

Jadi pada intinya adalah, pihak pos seharusnya lebih detail soal instruksinya. Nomor mana yang harus diisiin di box itu kalo kita pengen ngelacak kiriman kita. Kan nggak nyambung ya, tulisannya suruh masukin nomor resi, eh ternyata yang harus dimasukin nomor barcode. 

Semoga tulisannya membantu bagi yang punya masalah yang sama.

0 komentar:

Post a Comment