Wednesday, August 31, 2016

Review buku: Eleven Minutes by Paulo Coelho

Paulo Coelho mungkin bukan nama yang asing lagi ditelinga kita. Terutama bagi yang suka literatur. Yap, dia adalah seorang penulis dari Brazil yang mayoritas tulisannya bertemakan religi kristiani. Nah di buku ini, seperti yang dia utarakan di bagian pembuka, tema-nya sedikit berbeda atau mungkin sangat berbeda dengan yang biasa dia tulis.



Jika kalian pernah membaca atau tahu tentang Fifty Shades of Grey, nah kira-kira mirip lah, walaupun di dalam novelnya nggak melulu menyajikan adegan sex vulgar, tapi temanya kira-kira seperti itu. Buku ini terbit pertama kali tahun 2003, jadi kalau kalian baca buku  yang aku sebutin diatas duluan baru baca buku ini dan melihat ada persamaan, yang jelas buku ini bukan njiplak ide FSG karena buku ini terbit duluan. Mungkin FSG terinspirasi dari buku ini.

Tokoh utama di buku ini adalah Maria seorang wanita muda Brazil yang akhirnya harus pekerja sebagai pekerja sex komersial di Swiss. Seperti yang udah aku ungkapin di awal, bahwa buku ini nggak melulu membahas tentang sex secara vulgar. Di buku ini justru kalian diajak untuk melihat sisi lain dari seorang pekerja sex komersial dan apa arti 11 menit bagi seorang wanita.



Menurutku Paulo berhasil membuat tokoh dengan stareotipe yang sangat negatif jadi telihat lebih pintar dan manusiawi. Buku ini nunjukin bahwa bahkan seorang PSK pun bisa jadi pintar asal memang dia mau rajin menggali informasi. Tapi inti ceritanya tentu lebih menarik kalau dibaca sendiri. Tentang bagaimana Maria menyikapi keadaan yang memaksa dia harus jadi PSK, apakah dia memutuskan untuk menjalani hidupya sebagai PSK untuk seumur hidupnya, apakah dia menemukan pasangan yang bisa membuat dia bahagia lahir dan batin. Mnurutku, semua itu di rangkum secara menarik oleh Paulo. Bahasanya juga ringan.

Recommended

1 comment:

  1. Do you realize there's a 12 word sentence you can tell your crush... that will induce intense emotions of love and instinctual attractiveness to you deep inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and care for you with his entire heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than before to build your relationship stronger.

    Matter of fact, fueling this powerful impulse is absolutely binding to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him open his mind and soul for you in a way he haven't experienced before and he'll distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete