Wednesday, January 30, 2013

Catatan Sukuh, Cetho, Jumog #2


Nglanjutin cerita sebelumnya...

Setelah sekian lama melewati kebun teh yang luasnya minta ampun, akhirnya kita di tanjakan terakhir menuju Candi cetho. Motor di parkir di tempat parkir yang udah disediain dan kita langsung menuju loket. Seperti biasa orang-orang pada ngeliatin kita berdua. Alasannya adalah...

Percakapan di loket masuk:
Me        : dua ya pak...
Petugas : dua ya. 13 ribu..
Me        : loh disini tulisannya domestic 3 ribu..
Petugas : loh satunya manca (mancanegara) kan ?

Gubraakkk....! kebiasaan sih, gara-gara temenku nge-cat rambutnya jadi agak brunette (padahal niatnya blond haha :D)setiap kali kita pergi kemana-mana pasti aku dikira jalan sama bule. Sampai capek sendiri nanggepinnya. Kadang kubohongin juga tuh orang-orang yang gak tau hehe :)
halaman depan candi cetho
Begitu kita naik dan masuk ke candi, kabutnya turun. Udah berasa kayak masuk ke dunia lain aja deh pokoknya. Kayak masuk ke dreamland... keren banget lah. Memang kalau di cetho kita nggak bisa dapet privasi kayak di sukuh, tapi suasananya itu bener-bener memukau. Arsitektur candinya khas pura di Bali. Dan memang candi itu masih aktif untuk ibadah. Waktu kita kesana juga pas sedang ada ritual. Jadi kita sempat liat bentar. Model candinya bertingkat. Nggak akan pernah berhenti bilang keren deh pokoknya.
Selesai liat-liat di cetho kita balik. Kita sempat berhenti sebentar di kebun teh buat foto-foto. Nggak terlupakan deh pokoknya jalanan disana. Menurutku sight di kebun teh itu salah satu breathtaking sight di Indonesia. AWESOME!!!! Karena kita masih punya banyak waktu, si mas tukang ojek itu nawarin ke air terjun. Kita juga udah planning ke air terjun sih. Kita maunya ke air terjun Parang Ijo. Tapi hasilnya...dia bawa kita ke air terjun Jumog, yang ramenyaaaa...minta ampun. Jumog udah bener-bener dikelola buat pariwisata, bahkan ada semacam waterboom kecil yang dibuat di sekitar situ. Warung makan juga udah bejejer rapi nawarin sate kelinci. Bahkan ada panggung dangdut segala. Bener-bener bukan seperti yang kita harapkan. Tapi ya sudahlah.
Akhirnya tiba juga waktu kita buat balik ke Jogja. Waktu mau bayar ojek kita udah deg-degan sama tariff akhirnya. Karena tau aja kita nambah objeknya. Dan bener, tariff membengkak jadi 70rb! Buset, kita berdua ogah bayar segitu. Akhirnya kita pake segala pesona yang kita punya #pede biar harganya diturunin. Dan voila! Kita dapet kortingan 10rb haha :D nggak apa-apa lumayanlah jadi 60rb dibagi dua kekeke :)


 Setelah angkutan umum dateng kita capcus ke terminal karang pandan. Sempat bingung gimana kita dapet bus arah solo. Kita bahkan sempat nunggu di pinggir jalan. Tapi akhirnya malah masuk lagi ke terminal haha :D . Pengen balik pake prameks, waktunya gak ke kejar. Jadilah kita ke Terminal. Mau masuk ruang tunggu bayar dulu. Ditulisnya 500 tapi aku bayar pake uang 2000an buat berdua gak dikasih kembalian, dasar manusia birokrasi Indonesia. Dapet bis, bisnya super ekonomi dimana gak ada pendingin sama sekali dan semua orang di masukin sampai bis-nya secara harfiah penuh sesak.
Pas ditanya mau turun dimana kita sempat bingung akhirnya bilang turun di terminal. Jadilah kena tarif paling mahal. 12rb/ orang. Tapi saking gak tahannya akhirnya kita turun di Prambanan dan dilanjutin naik Trans Jogja.

Huft betapa leganya kita akhirnya naik Trans Jogja. Tapi bagiku ada satu masalah. Entah darimana sejak dari bis yang sebelumnya bajuku bagian lengan sebelah kanan basah kuyup! Mau tidak mau aku harus nahan dingin di Trans Jogja :( Kita turun di Shelter Bethesda lanjut jalan kaki ke stasiun ambil motor dan pulang ke peraduan masing-masing haha.




Next Destination: Bromo!

0 komentar:

Post a Comment